Tuesday, May 1, 2018

Metode Nonton Film yang luar biasa


kegiatan nonton film anak pra SD labschool Rumah Citta

Salam membaca, terimakasih untuk teman-teman yang sudah membaca atau meluangkan waktu untuk membaca artikel ini. kali ini saya akan sedikit membahas tentang kegiatan kelas dengan metode yang saya gunakan. Kali ini saya mencoba tidak menggunakan teori-teori seperti artikel yang dulu-dulu lho ya.
Kalau menulis terpentok dengan teori dan mengakibatkan tulisan kamu terhambat, lepas dari teori saja toh kamu sudah melakukan didalam kelas bersama subyek secara langsung. Pengalaman itu lah kamu dapat menuliskan, pengalaman mu adalah bahan belajar bagi teman-teman kamu yang tidak terlibat seperti kamu. (mumu, tanda baca. 2018)

Sunday, March 25, 2018

Antisipasi Pengaruh Lingkungan Pada Anak, Dimulai Dari Lingkungan Keluarga

Cikancah-Cyber.com

Perjalanan itu cukup melelahkan, bahkan ada yang bilang aku capek dengan hidup ini, ada juga yang bilang, terlalu susah hidup jaman sekarang. Sebenarnya tidak perlu dipersulit, kenapa semua ini terjadi, dan wajib dilakukan? Karena kita terlanjur hidup. Mau tidak mau kehidupan ini terus berkembang, inovasi secara kacamata saya per detik dikembangkan oleh para ahli A samapai Ahli Z. kemudian ada 3 perilaku manusia yang bisa terbaca, 1. Perlikau monoton, 2. Perlikau acuh, dan 3. Perilaku inovatif. Dari 3 perlikau tersebut sebenarnya seseorang tinggal memilih, karena pilihan tersebut ada pada diri kita sendiri. Sedikit langkah inovatif adalah membaca, kali ini saya akan berbagi ilmu tentang  anak. Silahkan membaca sampai selesai, adapun pertanyaan, komentar dan usulan judul tulisan bisa langsung komentar dikolom yang sudah disediakan. Terimakasih, selamat membaca

Tuesday, November 7, 2017

Karya Anak Usia 6-7 tahun, TK Rumah Citta ECCD-RC




“Halo shobat Intelektual Power, pada artikel ini kita kembali bercerita tentang pengalaman bermain dan belajar, kali ini berada di kelas Pra SD. Artikel ini sedikit mengulas cerita anak-anak usia 6-7 tahun yang berada di TK Rumah Citta, ECCD-RC Yogyakarta, salah satunya kelas Pra SD B.”

PROSES PEMBUATAN
Tk Rumah Citta adalah salah satu lembaga pendidikan anak usia dini yang mengusung pendidikan Multikultural atau Inklusi dan berpusat pada anak. Media bermain Mikro dan makro yang digunakan lebih banyak memanfaatkan bahan limbah organik maupun an-organik.

Saturday, August 20, 2016

Cara mengajarkan perlindungan diri yang menarik sejak dini



ditulis oleh :
Yudha Andri Riyanto
Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta & Pendidik AUD Lab. school Rumah Citta ECCD - RC
Perlindungan  diri atau membatasi diri dengan berbagai cara untuk menghindari tindak kejahatan, maupun tindakan yang tidak disukai dari faktor internal, eksternal. Pada tahun – tahun belakangan ini tindak kejahatan / kekerasan yang di post media sosial sangat beraneka ragam, beraneka ragam dari segi pelaku maupun korban. Bagaimanakah semua itu bisa terjadi ? perkembangan jaman yang semakin moderen adalah salah satu faktor tindak kekerasan / kejahatan semakin berkembang. Ketika setiap individu tidak mampu untuk memberi batasan dalam mengikuti jaman, maka yang terjadi adalah tindakan melewati batasan yang di sarankan. Sedangkan tindakan yang melewati batasan / tanpa kesepakatan akan menimbulkan tindak kekerasan / kejahatan maupun hal yang tidak diinginkan. Maka yang perlu diketahui para orangtua, para orang dewasa dan pendidik adalah meberikan ruang diskusi untuk memahami tindakan apa yang harus dilakukan ketika melakukan sesuatu. Kurang lebihnya anak mengerti sebab akibat jika melakukan sesuatu. Diskusi juga merupakan wahana yang efektif menggali informasi – informasi dari anak atau orang lain, yang nantinya di dalam diskusi tersebut menimbulkan kesimpulan yang cukup untuk menjadi bahan pertimbangan melakukan kegiatan atau aktifitas selanjutnya.

Saturday, August 13, 2016

Penyebab Anak Tertarik Berangkat ke Sekolah

 ditulis oleh 
 Yudha Andri R
Fakultas Psikologi UP 45, dan Pendidik anak usia dini Lab. School Rumah Citta ECCD - RC
 
Ketertarikan anak dalam melakukan kegiatan adalah power utama bagi pendamping kelas untuk melakukan stimulasi kepada anak yang baik.  Bagaimanakah demikian ? tentu saja anak akan tertarik jika keinginannya, pendapatnya digunakan untuk bahan bermain. Misalnnya saja anak sedang ingin memainkan ikan, atau ingin sekali mencari tahu tentang ikan. Penulis akan mencoba praktik didalam kelas dengan 13 anak usia akhir 4  – ahir 6 tahun, dengan karakteristik yang berbeda  beda. Sebelumnya penulis kembali perkenalkan, penulis mendampingi anak usia dini sejak 2011 di Lab. School Rumah Citta ECCD – RC, tepatnya di jalan D.i. Panjaitan NO 70 Yogyakarta. Pada tahun ajaran ini penulis diberi kepercayaan untuk mendampingi anak kelas TK besar, atau dikenal dengan sebutan TK besar ceria (sebutan nama dari anak – anak sendiri).

Pembelajaran Science, Technology, Engineering, Art dan Mathematic untuk Anak Usia Dini

 Penulis Yudha Andry Riyanto Praktisi pendidikan anak usia dini   yudha.andri65@gmail.com STEAM merupakan singkatan dari  Science, Technolog...